Senin, 22 Agustus 2022

Diary BA Maba UHAMKA 2022

Assalamualaikum wr. wb

Selamat buat kalian yang sudah bisa tidur nyenyak di singgasana kamar nya hehehehe. nggak kerasa yang nama nya Baitul Arqam yang gua jalanin tiga hari dua malam ini selesai. banyak pelajaran dan pengalaman baru yang bisa gua ambil di Baitul Arqam itu. walau capek di tambah ngantuk mereka gak ngasih kekerasan sama Maba-maba, malah mereka dengan sabar buat nuntun Maba-maba ini untuk lebih aktif dan berfikir ini bukan lagi SD, SMP ataupun SMK.

Jum'at, 19 Agustus 2022

yap tanggal 19 Agustus 2022 adalah hari pertama Baitul Arqam untuk Mahasiswa UHAMKA. Semua Maba di kumpulin di lapangan karena kita semua akan naik ke gedung lantai enam buat acara pembukaan. kalau kalian fikir kita naik pake lift, NGGAK kita semua cuma di izinin pakai tangga kecuali kakak tingkat sama orang yang punya penyakit khusus, Cukup buat kita para remaja-remaja jompo ini. Setelah selesai acara pembukaan instruktur ngarashin per kelompok untuk pindah ke kelas yang letak nya di lantai tiga masjid dan ya... naik tangga lagi. Kelompok 3 adalah kelompok gua, ada sekita 26 orang, 8 laki-laki dan 18 perempuan di kelas itu dengan instrukur bernama kak hafidz.

Jam perlaran pertama, ada pemateri yang memberi pendahuluan selama 15 menit dan kita di beri waktu untuk memberi pandangan kita tentang materi tadi dan memberi pertanyaan ke pemateri. Cukup kaget buat gua, karena banyak orang yang berani buat ngasih pandangan mereka dan memberi pertanyaan ke pemateri ini jadi tantangan buat gua yang introvert buat berani bicara depan banyak orang tanpa takut. Selesai materi kita ada sesi lain kita di suruh untuk bikin mind map lalu presentasi di depan. Dan lagi, gua di buat kaget karena banyak yang berani buat menyanggah apa yang di presentasiin dan ngebales sanggahan yang dikasih.

Sampai waktu jum’at an  tiba semua laki-laki turun buat solat jum’at. Setelah jum’atan waktu nya makan. cukup enak lauk nya, tapi ntah itu daging rendang atau apa karena di bilang rendang mirip rendang tapi bumbunya nggak begitu kerasa rendang.

Kita juga solat ashar, maghrib dan isya berjamaah sampai waktu nya untuk istirahat sekitar jam 10 atau  11. Gak semua langsung tidur ada yang pakai waktu nya untuk jajan dulu sebelum tidur, yup terutana gua buat beli jajan dulu baru tidur. Seperti nya kita gak ada yang mandi buat hari pertama ini karena belom terlalu capek dan bau juga.

Sabtu, 20 Agustus 2022

Yup, hari kedua di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA acara Baitul-Arqam. Pagi-pagi jam tiga subuh semua orang udah di bangunin buat solat tahajud jamaah... dengan mata yang masih amat sangta mengantuk kami paksa kan. Bener-bener berat banget buat gua yang jarang buat solat tahajud, sangking ngantuk nya kalo di suruh jongkok sebentar di jalan mungkin gua bisa tidur sampe pagi nanti.
Abis solat tahaud dan subuh berjamaah kegiatan di lanjut dengan senam... begitu asyik namun memalukan juga, karena kita di lihat banyak orang kalo terlalu aktif. Dengan instruktur senam yang amatir semua berjalan lancar sampai waktu makan pagi tiba. Hehehe salah satu part yang semua orang tunggu yaitu makan. Dengan lauk tahu goreng dan kacang panjang (kalo gak salah) semua begitu lahap karena kelaparan. Ada yang terlihat tidak makan 5 hari begitu lahap menyantap makan pagi nya.
Senam selesai waktu nya siap-siap dan pergi ke kelas untuk materi selanjut nya. Di hari kedua ini kita gak terlalu banyak aktifitas di kelas tapi kita semua di masjid untuk materi dan memresentasi kan mind map yang udah kami buat. Dan lagi sesi ini buat gua kaget karena banyak orang yang berani buat ungkapin apa yang mereka pikirin dan memberi sanggahan dan menyanggah itu, ini buat gua belajar dan berani buat mulai ungkapin apa yang kita rasain dan berani tampil.
Malam sebelum waktu tidur kami semua Maba ada acara pentas seni. kelompok gua kebagian antomim, yup pantomim adalah pertunjukan teater dengan menggunakan gerak badan dan ekspresi wajah sebagai dialog nya. Bisa di bilang ada 3 tokoh utama dalam pantomim ini yaitu gua Rizal, Ridwa dan satu lagi Dafa walau ada 3 tokoh utama yang paling banyak dapet peran konyol itu gua, dari adegan ketabrak perempuan bonceng tiga sampe di gotong-gotong. Walau gitu gua di tuntut buat jadi berani di depan banyak orang gak ada rasa malu buat ngadepin dan tampil di kalayak banyak orang. Ohh iya acara ini pentas seni ini ada di lantai 6 yang arti nya kita semua naik tangga lagi buat ke atas :(.

Minggu, 21 Agustus 2022

(HARI TERAKHIR KELOMPOK 3)

Yeyyyy hari terakhir Baitul Arqam. Dan lagi, kami di bangunin jam 3 pagi buat solat tahajud yang di sambung dengan solat subuh, beda nya setelah solat subuh kita semua gak senam pagi karena ini acara terakhir yang bakal di selenggarin di gedung lantai 6. Nggak tau kenapa untuk naik tangga yang kali ini begiu ikhlas buat nanjak. dengan baju batik dan celana bahan hitam, kita duduk di bangku aula yang sudah di beri tulisa perkelompok. Kurang lebih pukul 6:30 acara di mulai, mulai dari menyanyikan lagu indonesia raya, mars muhammadiyah sampai penutupan.

Ada salah satu yang buat gua bangga di sini, ada satu wanita  bernama Mahira Salimah di kelompok gua menjadi salah satu siswa yang berprestasi (yang gua inget) dari banyak Maba di situ. Emang dari awal masuk kelas sampai akhir dia cukup aktif dari segala sisi dan dia patut dapat itu, dengan aktif dan beraninya dia buat ungkapin pedapat dan keberanian dia buat ngomong di depan banyak orang.

Dengan kelebiha dia yang seperti itu gua berfikir buat ngejadiin dia rival dan ngelebihin dia suatu saat nanti, cukup susah mungkin hampir mustahil buat gua yang gak terlalu suka bertemu banyak orang dan bicara terlalu banyak.

Sekitar pukul 08:00 Acara selesai dan kita turun menuju kelas, dengan suara langkah yang sunyi karena kita semua akan pisah dan beda jurusan “Jangan kangen sama gua ya..” kata-kata yang template di setip perpisahan padahal pada akhir nya kita semua bakal gak inget atau lupa karena tugas yang numpuk. Buat kalian yang fikir kita bakal nangis di kelas NGGAK kita makan pagi bareng sambil cerita selama tiga hari dua malam ini. Kak hafidz akhir nya dateng dan ini yang kami tunggu pengembalian handphone wkwkwkw. Semua langsung ngubungin orang tua mereka sedangkan gua yang udah kehabisan kuota cuma scrolling gak jelas. Selesai makan pagi kita ngucapin makasih sama kak hafidz karena udah sabar ngadepin pertanyaan yang di ulang dan kekonyolan kita, lalu semua nyiapin barang-barang mereka dan keluar kelas untuk pulang ke rumah masing-masing.

Selama tiga hari dua malem ini banyak banget pengalaman baru yang gua punya. Karena acara ini gua jadi berani buat ungkapin apa yang gua rasain dan berani tamil depan orang banyak tanpa ragu dan selama acara ini berlangsung semua kegiatan nya sangat amat positif, bangun solat tahajud, solat subuh, berpendapat, tampil presentasi, bertanya, menyanggah dan banyak lagi.

Makasih buat kakak-kakak nya yang udah sabar buat ngadepin pertanyaan yang di ulang padahal udah di jawab dan gak tidur demi acara ini berlangsung dengan sukses kalian keren :). 


-SELESAI-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2203015036_Muhammad Rizal_Trafik SDG

  back link :  https://onlinelearning.uhamka.ac.id./